Berikut adalah panduan atau cara mencatat pembelian aktiva tetap BARU atau fixed asset di Accurate Online jika pembelian aktiva tetap tersebut dilakukan secara kredit atau cicilan.
1. Login ke Accurate Online
Login ke Accurate Online dengan klik link https://aplikasiandalanmilenial.co.id
Lalu klik Login/Daftar Akun Baru
Gunakan email Anda yang sudah pernah Anda daftarkan untuk login ke Accurate Online. Jika lupa password, Anda dapat klik lupa password
2. Membuka Database Accurate Online
Setelah Anda berhasil login, silahkan pilih dan buka database Accurate Online Anda.
3. Melihat/ Membuat Kategori Aset
Setelah Database anda berhasil terbuka, silahkan klik Aset Tetap dan lihat di Kategori Aset tetap. Jika Kategori Asset yang Anda beli ini belum ada, silahkan buatkan kategori baru untuk Aset Tetap yang Anda beli ini. Misalkan Kendaraan. Tetapi jika di daftar kategori Aset sudah ada Kendaraan maka Anda tidak perlu membuat kategori aset untuk aset tetap yang baru Anda beli ini.
4. Membuat Nama Vendor
Jika Anda belum pernah membeli sesuatu ke vendor tempat Anda membeli Aset tetap baru ini, Anda bisa membuat terlebih dahulu nama Vendornya. Namun jika Anda sudah pernah membeli ke vendor itu, maka tidak perlu membuat nama Vendor ini.
Untuk membuat nama vendor, klik Pembelian | Pemasok
Isikan detail pemasoknya, seperti Nama, Alamat, dan lain sebagainya
Setelah selesai klik simpan
5. Mencatat Uang Muka Pembelian Asset Tetap
Untuk mencatat besarnya Uang Muka yang kita gunakan untuk membeli Aset Tetap klik Pembelian | Uang Muka Pembelian
Masukkan jumlah uang muka pembelian Assetnya
6. Mencatat Pembayaran Uang Muka Pembelian Asset Tetap
Untuk mencatat Bank yang digunakan untuk membayar Uang Muka pembelian Aset Tetap klik Pembelian | Pembayaran Pembelian
Pilih Bank yang digunakan dan jumlah yang dibayarkan
7. Mencatat Pembelian Aset Tetap Melalui Faktur Pembelian
Buat faktur pembelian atas aset tersebut melalui faktur pembelian di Accurate Online dengan cara klik Pembelian | Faktur Pembelian.
Nilai yang dimasukkan adalah nilai total dari Aset tetap tersebut yaitu Harga Dasar+ Asuransi (Jika ada ) + Biaya Administrasi (Jika ada) dan lain-lain
Lalu klik Ambil | Uang Muka
Centang Uang Muka atas pembelian aset ini
Lalu klik Simpan
8. Mencatat Pembayaran Cicilan
Dari ilustrasi pembelian Aset tetap di atas, kita telah mengetahui nilainya yaitu:
Harga Total Aset adalah Rp. 120.000.000
Uang Muka 24.000.000
Sehingga sisa hutang yang masih harus dibayar atas pembelian Aset ini adalah Rp. 96.000.000
Jika hutang ini akan kita cicil selama 2 tahun maka Cicilannya adalah Rp 96.000.000 : 24 = Rp. 4.000.000 per bulan
Cara mencatat pembayaran cicilannya adalah sebagai berikut:
Klik Pembelian | Pembayaran Pembelian
Lakukan pembayaran cicilan seperti ini dengan cara yang sama setiap bulan sebanyak jumlah cicilannya yaitu sebanyak 24 kali.