Mencatat Faktur Pembelian di Accurate Online
Faktur Pembelian di Accurate Online berfungsi untuk mencatat Faktur tagihan dari supplier atau vendor. Faktur Pembelian di Accurate Online bisa dicatat setelah barang diterima maupun sebelum barang diterima.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencatat Faktur Pembelian antara lain sebagai berikut:
- Nomor Faktur Pembelian
- Termin Pembayaran (Term of Payment)
Cara Input Faktur Pembelian Berdasarkan Kondisi Kenyataan di Perusahaan
1. Mencatat Faktur Pembelian Berdasarkan Penerimaan Barang atau Pesanan
Langkah berikut ini Anda lakukan jika faktur tagihan yang Anda terima karena sebelumnya Anda pernah memesan barang ke supplier dan barang sudah Anda terima.
Pilih nama vendor, mata uang. Isi Nomor Faktur dengan Nomor Faktur yang diperoleh dari vendor. lalu klik Ambil.
- Jika Faktur Tagihan ini berdasarkan Surat Jalan yang pernah Anda terima maka pilih Penerimaan.
- Jika Faktur Tagihan ini berdasarkan Pesanan (PO) yang pernah Anda kirim ke vendor dan mereka mendatangkan barang sekaligus faktur (tanpa surat jalan), maka pilih Pesanan.
Setelah Sesuai semuanya, klik tombol simpan
2. Mencatat Faktur Pembelian Tanpa ada Pesanan atau Pengiriman Sebelumnya.
Ada beberapa kasus umum di perusahaan yang melakukan pembelian barang ke supplier hanya melalui telepon atau Whatsapp. Lalu Vendor mengirimkan barang secara langsung beserta Bon atau Faktur tagihan. Untuk kasus seperti ini maka di Accurate Online bisa langsung input pembelian melalui Faktur Pembelian, tanpa membuat PO dan tanpa perlu input penerimaan barang.
Cara membuat faktur pembelian jika kasusnya seperti ini, langkahnya adalah sebagai berikut ini:
Jika sudah sesuai klik tombol Simpan